Kerjasama Darmajaya

1. BKKBN Provinsi Lampung Kerjasama Dengan Darmajaya Untuk Pendataan Jumlah Penduduk



Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Lampung menggandeng Darmajaya untuk menyukseskan pendataan jumlah penduduk Lampung.
Sebanyak 300 mahasiswa dilibatkan untuk memasukan (entry) data Kartu Keluarga (KK) ke dalam database BKKBN Provinsi Lampung yang berlangsung di Laboratorium Information Access Centre (IAC) sejak 6 – 30 November 2015.
Kepala Bidang Data dan Informasi BKKBN Provinsi Lampung, Winarni, mengatakan Darmajaya menjadi salah satu dari 2 perguruan tinggi di Lampung yang dipercayakan untuk terlibat entry data Kartu Keluarga ke dalam database BKKBN Provinsi Lampung.
Dari jumlah seluruh 2,6 juta data, IBI Darmajaya diminta untuk membantu menginput lebih dari 800 data Kartu Keluarga.
Terpilihnya Darmajaya dalam proyek ini, tak lain karena perguruan tinggi berjuluk kampus biru ini memiliki fasilitas IT yang memadai. “Selain itu, peran serta mahasiswa dan pihak Information and Communication Technology (ICT) Centre IBI Darmajaya juga kami butuhkan, dan sangat membantu untuk menyukseskan proses ini,” ungkapnya.
Lanjutnya, pada pelaksanaan entry data penduduk tersebut juga dilakukan pengawasan yang dilakukan langsung dari pihak BKKBN Provinsi Lampung dan ICT Centre Darmajaya.
“Pengawasan dilakukan setiap hari, hal ini dilakukan untuk memastikan proses pelaksanaan entre data penduduk oleh para mahasiswa dilakukan dengan benar, dan sesuai ketentuan,” terangnya.
Sementara itu, Wakil Rektor II Ronny Nazar, SE., MM mewakili Rektor IBI Darmajaya Dr. Andi Desfiandi, SE., MA menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut dengan harapan IBI Darmajaya bisa memberikan manfaat dan menyukseskan proses pendataan jumlah penduduk Provinsi Lampung. “Semoga proses tersebut dapat berjalan lancar,” tuturnya.(*)



2. Polda - IBI Darmajaya Kerja Sama Tes Polisi


Polda - IBI Darmajaya Kerja Sama Tes Polisi


Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Kepolisian Daerah Lampung bekerjasama dengan Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya melaksanakan computer assisted tes pada tes masuk bintara Polda Lampung. Menurut Rektor IBI Darmajaya, Dr Andi Desfiandi SE MA, di Bandarlampung, Selasa, mengaku pihaknya menyambut baik kerja sama antara IBI Darmajaya dengan Polda Lampung. Menurut dia, pelaksanaan CAT merupakan bentuk tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Polda Lampung dengan IBI Darmajaya, di Mapolda Lampung yang telah dilakukan pada 9 Maret 2015 lalu.

"Kami berterimakasih atas kepercayaan Polda Lampung yang menunjuk IBI Darmajaya sebagai perguruan tinggi untuk merancang software CAT, dan mempercayakan pelaksanaan tes di laboratorium komputer Darmajaya," ujarnya pula. Menurut Andi, Program CAT tidak hanya memudahkan proses seleksi, tetapi juga mendukung perekrutan tenaga kerja yang transparan, cepat, dan akurat. "Kami menyambut baik kerja sama ini, dan berharap kerja sama dapat diperluas lagi, salah satunya dengan pengembangan teknologi informasi di tingkatan polsek-polsek di Lampung. Melalui pelaksanaan CAT yang transparan, diharapkan mampu membantu mewujudkan keinginan kepolisian dan masyarakat untuk pelaksanaan tes yang jujur dan bersih," ujar Andi pula.

Sebanyak 122 peserta mengikuti tes masuk bintara Polda Lampung di Kampus IBI Darmajaya Bandarlampung, Senin (14/9). Tes dilakukan menggunakan software CAT yang dirancang IBI Darmajaya bekerjasama dengan Polda Lampung.Kabag Binkar Ro SDM Polda Lampung, AKBP Edi Purnomo SH SIk mengatakan, pelaksanaan CAT pada tes masuk bintara Polda Lampung di IBI Darmajaya telah berjalan lancar. CAT dilakukan dua sesi untuk tes bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dengan masing-masing 100 soal dan berdurasi 60 menit."Kami berterima kasih sekali kepada IBI Darmajaya yang begitu terbuka memfasilitasi dan membantu kami, sehingga pelaksanaan CAT berjalan lancar. Mudah-mudahan kerja sama ini tidak hanya berhenti sampai di sini tetapi bisa berkelanjutan pada tahun-tahun selanjutnya," ujarnya lagi.


3. IBI DARMAJAYA-CESMED PERKUAT KERJASAMA



BANDARLAMPUNG – Keseriusan mencetak entrepreneur muda dilakukan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Darmajaya dengan memperkuat kerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) - Centre for Entrepreneurship and SMEs Development (Cesmed) dibidang entrepreneurship.

Kemarin (3/10), IBI Darmajaya kembali mendapat kunjungan dari UKM Cesmed dalam rangka menindaklanjuti program Training Of Trainer (TOT) for Project Youth Economic Partisipant Initiative (YEPI). Seluruh dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam TOT melakukan presentasi terkait rancangan bisnis plan dari hasil kunjungan disejumlah Usaha Kecil Menengah (UKM) di Lampung.

Kepala Lembaga Pengembangan Sumber Daya (LPSD) IBI Darmajaya, Andri Winata, SE., M.Sc, mengatakan setelah melakukan rangkaian TOT mulai dari pembekalan, kunjungan lapangan dan mentoring, kini mahasiswa dan dosen menyampaikan report (laporan) berkenaan kegiatan yang telah dilakukan.

“Presentasi diikuti 5 kelompok dimana masing-masing kelompok terdiri dari dosen dan  mahasiswa. Setiap kelompok memberikan laporan tentang apa saja yang sudah dilakukan dan impact (pengaruh) bagi para usaha mikro yang menjadi binaan mereka. Report langsung disampaikan ke pihak UKM Cesmed untuk dievaluasi dan ditindaklanjuti” jelas Andri.  

Masih kata Andri, pertemuan ini juga menghasilkan rencana kampus biru untuk mengkolaborasikan TOT Yepi dengan program Praktik Kerja dan Pengabdian Masyarakat (PKPM). Pasalnya kedua program dianggap sejalan dan relevan untuk dijalankan secara bersamaan. “Salah satu fokus utama dalam PKPM adalah memajukan usaha mikro disetiap desa, tentunya ini sejalan dengan program TOT Yepi. Untuk itu kami berencana meleburkan kedua program ini menjadi satu agar lebih efektif dan efisien” tandasnya.  

Sementara itu Deputy Director CESMED, Assoc. Prof. Dr. Aini Aman, mengatakan laporan yang disampaikan mahasiswa dan dosen menjadi salah satu barometer sejauh mana dosen dan mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu yang telah dapatkan selama TOT. Seluruh hasil laporan, kata dia, akan ditindaklanjuti dengan melakukan evaluasi serta menyiapkan solusi dari masalah yang dihadapi.



4. IBI Darmajaya Jalin Kerjasama Dengan 9 Universitas

    Ternama di Tiongkok

Image

Bandar Lampung – Upaya mempersiapkan mahasiswa dan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing ditengah era globalisasi, Institut Informatika dan Bisnis (IB) Darmajaya terus berupaya memperkuat dan melebarkan kerjasama Internasional. Bila sebelumnya perguruan tinggi berjulukan kampus biru ini telah menjalin kerjasama dengan universitas ternama di Asia dan Eropa, baru-baru ini IBI Darmajaya telah menyepakati kerjasama Internasional dengan 9 perguruan tinggi di Tiongkok.

Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE., MA dengan pimpinan 5 perguruan tinggi di Tiongkok pada acara Indonesia-China Partnership Workshop, di Nanjing Polytecnic Institute, Senin (03/08). Lima universitas tersebut yakni Jiangsu University, Nanjing Polytecnic Institute, Yang Zhou University, Soochow University, dan Nanjing University Information Science and Technology.

Sementara MoU dengan 4 perguruan tinggi lainnya telah lebih dahulu ditandatangani pada acara China-Asean Vocational Education Principal Summit yang berlangsung di Suzhou Tourism and Finance Institute, Suzhou, Tiongkok, Sabtu (01/08). Empat universitas tersebut yakni Wuxi Institute Of Technology, Nantong Vocational University, Jiangsu Jianzhu Institute, dan Nanjing College of Information Technology.

Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE., MA didampingi Kepala Kantor Urursan Hubungan Internasional, Rahmalia Syahputri mengungkapkan pada acara Internasional tersebut, IBI Darmajaya menjadi satu-satunya perguruan tinggi perwakilan Indonesia dari Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) yang hadir. Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE., MA juga sempat memberika sambutannya mewakili perguruan tinggi se Indonesia pada acara internasional di Nanjing tersebut.

“Alhamdulillah IBI Darmajaya telah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi ternama di Tiongkok baik dibidang akademik dan non akademik. Berkat kerjasama tersebut, terbuka kesempatan bagi mahasiswa, alumni, dan dosen Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya untuk mendapatkan beasiswa penuh pada program D3, S1, S2, dan S3 di universitas-universitas ternama di Tiongkok,” terangnya.


5. XL & IBI DARMAJAYA JALIN KERJASAMA


Bandar Lampung, 02 Mei 2012, XL melalui team Sales Operation bekerjasama dengan Informatics & Businness Institute (IBI) Darmajaya melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum Of Understanding, MoU) bertempat di kampus IBI Darmajaya, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Selasa 01 Mei 2012. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, S.E., M.A dengan Area Manager Sales XL Bandar Lampung, Dedi Darmawan.

“Salah satu kerjasama yang disepakati adalah pemberian layanan sistem informasi dari XL untuk kemudahan penyebaran informasi bagi seluruh mahasiswa dan staff akademik IBI Darmajaya, wujudnya berupa software SMS Broadcast,” ujar Dedi. “ Selain itu, untuk menghemat biaya komunikasi di kalangan internal institusi pendidikan tinggi ini, XL memberikan bantuan berupa perangkat GSM converter PABX. Dalam nota kesepahaman ini, XL juga berhasil mengakusisi sebanyak 2.000 orang mahasiswa dan staff akademik IBI Darmajaya untuk bergabung menjadi pengguna XL,” tandasnya.

IBI Darmajaya adalah salah satu institusi pendidikan tinggi swasta (PTS) terkemuka di Provinsi Lampung dengan sertifikasi ISO 9001:2008/IWA 2. Saat ini memiliki lebih dari 3.000 orang mahasiswa. Dengan dukungan tenaga pengajar (dosen) dan praktisi profesional, diakui mempunyai keunggulan dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi di bidang ilmu komputer (informatika) dan ekonomi, manajemen (bisnis).


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kerjasama Darmajaya"